Untuk Melokalkan atau Tidak Melokalisasi Apakah Ini Pertanyaan yang Ada di Tangan?

Teknik Mesin perlu dikonsultasikan terlebih dahulu untuk memahami sejauh mana dorongan global di tangan. Bagi mereka, lokalisasi adalah masalah sampingan. Masalah sebenarnya adalah internasionalisasi – perubahan yang harus dilakukan pada produk sebelum memproduksi versi lokal. Pertanyaan penting seperti: “Apakah produk diaktifkan untuk dukungan bita ganda dan dua arah?” dan “Apakah itu menangani nuansa lokal yang berbeda?” perlu ditanyakan. Jika jawabannya ya, maka produk Anda adalah pelokalan yang siap, yang dapat memberi Anda keunggulan waktu-ke-pasar yang sesungguhnya atas persaingan. Jika tidak, upaya rekayasa serius mungkin perlu dilakukan, terutama jika Anda melakukan pelokalan bahasa Asia atau Timur Tengah. Di milenium baru ini, sebagian besar lingkungan pengembangan sekarang sudah siap internasionalisasi. Jadi kecuali Anda menggunakan perangkat lunak warisan, Anda harus dalam kondisi yang baik.

Pemasaran Pemasaran pendekatan masalah ini pada dua bidang: pertama, melihat apakah pesaing melokalisasi produk mereka; dan kedua, mempertimbangkan nilai lokalisasi membawa ke prospek Anda dan pengguna akhir. Mempelajari kebiasaan pengguna akhir internasional yang berbeda sambil mempertimbangkan lokalisasi adalah kuncinya. Di banyak negara seperti Jepang atau Cina, kebutuhan spesifik mau tidak mau memerlukan produk yang dilokalkan, sementara di negara lain seperti Belanda atau Kanada, kemahiran bahasa Inggris dan / atau kesamaan budaya berarti bahwa itu mungkin tidak harus dimiliki. Karena nilai pelokalan untuk pengguna akhir Anda akan bervariasi, pemasaran harus selalu mempertimbangkan fitur dan peningkatan fungsi yang dapat dilakukan untuk produk itu sendiri. Semakin matang suatu produk, semakin besar kemungkinan manfaat dari pelokalan.

Hukum Banyak perusahaan lupa bahwa departemen hukum mereka harus memainkan peran kunci dalam mencapai keputusan lokalisasi. Pertanyaan utama mereka adalah: “Apakah ada peraturan internasional yang mengharuskan kita melokalkan?” dan “Apakah kita memiliki kewajiban kontraktual untuk melokalisasi?” Ini adalah masalah serius – banyak negara seperti Perancis memaksakan hukum lokalisasi, seperti Hukum Toubon. Yang penting di sini adalah mencoba mengukur kewajiban terhadap perusahaan Anda di negara mana pun yang dijualnya jika tidak memenuhi peraturan bahasa setempat.

Produksi dan layanan pelanggan Ada masalah logistik yang signifikan yang harus ditangani oleh produksi dan layanan pelanggan untuk menghasilkan, menyimpan, mengirim dan mendukung klien internasional. Misalnya, apakah basis pengetahuan dukungan pelanggan dilokalkan? Apakah produk harus dikirim secara bersamaan dalam semua bahasa? Apa dampak yang akan dimiliki kapal simultan terhadap kelompok jaminan kualitas perangkat lunak (SQA)? Rencanakan tambahan biaya saat menindaklanjuti penawaran yang dilokalkan.

Penjualan Bagian penjualan adalah tempat di mana Anda dapat memperoleh jawaban nyata tentang peluang yang akan dibawa oleh lokalisasi ke perusahaan Anda. Bukan rahasia bahwa kebanyakan perusahaan yang melokalisasi tidak melakukannya sampai mereka memiliki pelanggan internasional utama yang menuntutnya.

Jika Anda bertanya kepada tenaga penjualan domestik Anda, Anda tahu apa jawabannya. Persis jawaban yang berlawanan akan datang dari lengan internasional. Tidak satu pun dari sudut pandang yang cukup: meskipun melokalisasi produk Anda akan membantu meningkatkan penjualan internasional dan mengurangi beban dukungan, itu juga dapat mengalihkan teknik dari penambahan perangkat tambahan lainnya ke produk dasar.

Menyelesaikan dilema ini adalah alasan lain mengapa lokalisasi membutuhkan perhatian tingkat eksekutif, dengan berkonsultasi dengan VP penjualan. Mengajukan pertanyaan: “Apakah Anda memiliki klien yang meminta penawaran yang dilokalkan? Berapa banyak lagi pendapatan yang dapat kami peroleh dari versi yang dilokalkan? Apakah Anda bersedia mengambil kuota tambahan jika kami melokalkan produk? Apa penghematan dalam panggilan dukungan?” akan sangat penting untuk mendapatkan jawaban yang tepat untuk membenarkan upaya Anda secara finansial.

Keuangan Setelah keuangan memiliki data yang relevan dari lapangan, pemasaran, teknik, produksi, layanan pelanggan dan departemen hukum, tugas mereka kemudian akan menjawab: “Apa laba atas investasi untuk melokalkan dalam bahasa tertentu? Apa yang singkat dan dampak jangka panjang di garis bawah? ” Pertanyaan-pertanyaan ini tidak mudah, tetapi dengan visibilitas ke dalam proses dan akses ke semua data, keuangan mungkin dapat menarik angka bersama dan membuat kasus bisnis untuk atau melawan pelokalan.

Membuat keputusan akhir Bahkan ketika Anda telah melibatkan semua departemen, proses pengambilan keputusan mungkin masih tidak akan hitam atau putih. Tetapi Anda akan dapat mempelajari isu-isu yang relevan dan menyeimbangkan kekuatan subjektif versus obyektif yang membimbing Anda. Jika biaya untuk melokalisasi jauh lebih kecil daripada peluang yang diciptakannya, ditambah kewajiban yang dihilangkannya, maka inilah saatnya untuk bergerak maju. Kunci keberhasilan akan menciptakan strategi eksekusi untuk mengembangkan penawaran lokal dan membawanya ke pasar internasional.